Ini cara menghilangkan kantuk


Mengantuk merupakan hal yang wajar bagi setiap manusia,mengantuk juga suatu nikmat dan karunia yang allah berikan pada setiap hambaNYA. Bila tidak bisa merasakan yang dinamakan mengantuk lalu bagaimana jadinya ? tentunya tubuh akan menjadi kurang sehat dan menjadi lemah lesu dalam menjalani aktivitas sebagai makhluk-NYA. Oleh karena itu kita patut bersyukur allah menciptakan kita dengan dikaruniai rasa kantuk.
Rasa kantuk juga menandakan bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat setelah melakukan berbagai aktivitas yang membuat tubuh lelah dan capek. Namun terkadang rasa kantuk juga menyerang kita disaat kita sedang dalam keadaan sibuk banyak pekerjaan dan kegiatan maupun aktivitas penting lain.
Sebenarnya rasa kantuk yang datang secara tiba-tiba tersebut disebabkan karena banyak hal ,misalnya saja mungkin karena terlalu banyak begadang sampai larut malam sampai kekurangan jam tidur malam,mungkin karena banyak tugas yang harus diselesaikan sampai larut malam,atau karena terlalu banyak diam dalam melakukan aktivitas misalnya seperti duduk didepan komputer mengetik tugas ataupun artikel yang cukup banyak membuat rasa bosen kita muncul lalu timbul rasa kantuk juga dan masih banyak lagi penyebab lain.
Lalu bagaimana supaya kita bisa terhindar dari serangan rasa kantuk yang secara tiba-tiba tersebut? Nah disini saya ingin menyampaikan beberapa tips yang dapat mengatasi rasa kantuk secara tiba-tiba,dibawah ini ulasannya :
1.    Berhenti begadang hingga larut malam
Dalam hal mengatasi rasa kantuk secara tiba-tiba perlu mengatur jam jadwal begadang,usahakan jangan sampai terlalu larut malam dikarenakan dapat menyebabkan produktivitas organ tubuh akan menurun,bahkan bila terlalu sering begadang sampai larut malam dapat menimbulkan vertigo(pengalaman sendiri soalnya). Selain daripada itu juga untuk mengatasi rasa kantuk secara tiba-tiba tersebut. Disarankan bila perlu tak usah begadang karena juga hanya membuang-buang waktu saja.
2.    Istirahatkan mata sejenak.
Semisal sedang mengetik artikel yang membutuhkan waktu lama atau membaca sebuah novel maupun buku pelajaran,luangkanlah sedikit waktu ya 5 menitlah atau 10 menitlah untuk menyegarkan kembali pandangan dan otak Anda,bisa dengan berjalan keluar rumah sejenak melihat pemandangan luar rumah dan menghirup udara segar,atau kedapur mengambil segelas air putih lalu diminum,nah dengan begini akan membuat mood Anda kembali segar dan otak Anda terrekontruksi kembali dengan istirahat sejenak tersebut.
3.    Sediakan camilan sehat dan minuman penyegar
Dengan begini kondisi anda akan lebih asik,makan makanan segar semisal buah-buahan dan ditemani segelas kopi hangat atau air putih atau minuman penyegar lainnya diruang kantor kerja maupun ditempat anda melakukan kegiatan. Dan tentunya dengan menyempatkan diri menikmati camilan tersebut disela-sela kegiatan akan membuat anda terhindar dari serangan rasa kantuk.
4.    Tidur siang sejenak
Dengan tidur siang sejenak saat istirahat siang dari jam kerja Anda akan merekontruksi sel-sel dalam otak anda dan syaraf syaraf indera tubuh yang telah dipacu selama berjam-jam ditempat kerja,sehingga mengembalikan tubuh jadi semangat dan produktif kembali.
5.    Pencahayaan yang terang
Usahakan dalam mebaca,menulis ditempat yang ada pencahayaan cukup terang,selain untuk menghindari rasa kantuk mendadak juga menjaga supaya indera penglihatan tetap sehat.

Itulah beberapa tips mengenai cara atasi rasa kantuk tidak pada waktunya yang dapat disampaikan oleh saya sebagai penulis,dan terimakasih sudah menyempatkan mampir keblog ini,semoga bermanfaat Salam Sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata-kata Bijak dalam Movie Rurouni Kenshin

Vitamin A(Aseroftol)

Makanan Untuk Kesehatan Ginjal