Jenis Kepribadian

ASSALAMUALAIKUM

Personality adaalah sesuatu yang sifatnya individual. Maksudnya tidak seorangpun punya kesamaan dalam kepribadiannya. Personality bukanlah sesuatu yang salah atau benar dan juga bukan sesuatu yang baik atau buruk.Karena setiap personality mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti misalnya seseorang dengan pribadi pemimpin atau atasan belum tentu lebih baik dari seorang dengan pribadi pengikut atau bawahan.

Nah,Personality dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:
  • Personality Hipokondriasis
Adalah kepribadian yang di mana seseorang terus-menerus mengeluh akan kesehatannya yang buruk. Kecemasan terhadap kesehatan tubuhnya merupakan bagian yanng dominan dari hidupnya.
  • Personality Depresi 
Yaitu kepribadian dengan sikap yang pesimis terhadap masa depan ,perasaan tak berpengharapan,merasa berdosa,putus asa,dan dalam keadaan tertentu sering muncul keinginan untuk bunuh diiri.
  • Personality Histeris
Merupakan kepribadian(sikap) seseorang yang mempergunakan gejala fisik untuk menyelesaikan konflik yang rumit.
  • Personality Neurosis
Yaitu sebuah kombinasi yang buruk dengan berbagai hal yang terkait. Misalnya,orang yang sering merasa bersalah,,inferior,terlalu banyak khawatir,atau takut, orang yang kaku,terlalu ingin sempurna,tidak efisien,tidak bahagia,insomnia.
  • Personality Psikopatis
Adalah personality yang tidak menghiraukan moral,etika,dan hukum masyarakat. Orang yang berkepribadian seperti ini tidak mengindahkan apa yang dianggap baik,bagus,dan layak bagi masyarakat.
  • Personality Paranoi
Merupakan kepribadian orang yang mempunyai kepercayaan yang aneh,yang salah tetapi tidak mau diluruskan/dibenarkan. Mereka biasanya menaruh curiga berlebihan terhadap orang lain,sering merasa digunakan oleh orang laindan selalu menyalahkan orang lain atas segala kegagalannya.
  • Personality impotensi dan frigiditas
Adalah sebuah kepribadian yang mempunyai sifat sensitif,pesimis,kurang percaya diri,mudah tersinggung,dan tak ada hhumor serta serius.
  • Personality Generalized Anxienty Disorder(GAD)
Ini merupkan kepribadian yang mempunyai rasa cemas atau takut yang tidak realistis. Misalnya, mereka sering takut anak (keluarga) mendapat kecelakaan atau musibah tanpa ada tanda-tanda yang sesungguhnya.
  • Personality Obsesi
Yaitu pribadi yang mengalami gangguan dalam pola berpikir. Pikiran selalu saja menganggu kehidupannya.Pikiran itu dapat berupa kekerasan.terkontaminasi penyakit,atau keragu-raguan dalam mengerjakan sesuatu.
  • Personality Panik
Merupakan personality yang gampang terserang panik.
  • Personality Extrovet
 Yaitu kepribadian seseorang di mana ia senang bersama orang lain. Ia tak merasa terpaksa bersama orang lain atau hadir dalam acara-acara sosial. Ia mudah bergaul dan bertemu orang-orang baru. Ia tidak canggung dalam pergaulan,dan biasanya ia disenangi lingkungannya.
  • Personality Introvert
Yaitu kepribadian seseorang di mana ia kuurang menyenangi bersama orang lain.Ia lebih senang menyendiri,tidak suka dengan orang baru,tidak suka berbicara didepan umum,dan tidak suka menonjol. Kurang percaya diri,pemalu dan pendiam.
  • Personality Romantis
Adalah kepribadian yang lebih mementingkan hubungan cinta. Orang yang seperti ini sering jatuh cinta berkali-kali,namun pada beberapa orang.Akan tetapi selama ia jatuh cinta ia hanya mendambakan satu orang saja.
  • Personality Promiskuitas
Adalah kepribadian yang memiliki pikiran dan perbuatan seksual dengan banyak orang dan dan merupakan bagian yang dominan dalam hidupnya.Peronality ini merupakan kombinasi dari moral buruk,emosi yang rendah,kepercayaan diri yang kurang,tidak mau kerja keras,curiga pada orang lain,ingin hidup sendiri dan menjauhi agama.
  • Personality Jujur
Merupakan kepribadian yang patuh pada peraturan.Dalam menjalani hidup, orang yang berrkepribadian seperti ini selalu mematuhi peraturan yang berlaku dimasyarakat.

 Nah,itulah beberapa jenis kepribadian menyangkut tentang pengetahuan pengembangan personality,semoga bermanfaaat untuk pemirsa dan pembaca dimana saja berada :) ,sekedar berbagi ilmu.
TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata-kata Bijak dalam Movie Rurouni Kenshin

Vitamin A(Aseroftol)

Makanan Untuk Kesehatan Ginjal