Cara Membangun Komunikasi Dan Relasi




ASSALAMUALAIKUM
Komunikasi merupakan kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan baik. Maksudnya pesan yang ditangkap oleh penerima sama dengan maksud pesan yang disampaikan oleh pemberi pesabn. Pesan disini bukan hanya sekedar informasi,namun termasuk jugha pemikiran,keinginan dan perasaan.

Komunikasi merupakan sebuah keterampilan yang sangat penting dalam mendukung kemajuan karier dan juga kehidupan pribadi. Keterampilan ini juga dapat menentukan seberapa baik diri kita dapat menjalin relasi dengan orang lain atau mengembangkan suatu hubungan.
Nah ada beberapa cara yang dapat membangun komunikasi dan relasi yang baik beberapa cara tersebut sebagai berikut:

  •     Kenali gaya sosial anda
Lebih cenderung terbuka atau pemalu dan pendiam,maksudnya disini terbuka adalah seseorang dimana ia senang bersama orang lain,mudah bergaul dan senang bertemu orang-orang baru. Sedangkan pemalu disini maksudnya adalah kebalikannya,lebih senang menyendiri,kurang percaya diri. Nah bagi yang pemalu ataupun kurang percaya diri bisa memperkuat sosialisasi tanpa bertatap muka,seperti via sms,sosial media,BBM,email,dsb. Bagi yang mudah bergaul,senang bertemu dengan orang baru bisa dimulai dengan pembicaraan dan tukar kartu nama.

  •     Tetapkan Target

Cara ini salah satu cara yang termasuk mudah dilakukan.Cukup dengan membuat target untuk bersosialisasi dengan orang.






  •     Kesan Antusias
Beri lawan bicara anda kesan bahwa anda lebih suka berbicara dengan mereka. Ketika anda memberi mereka kesan bahwa anda antusias berbicara dengen mereka dan anda peduli dengan mereka,makas secara tidak langsung anda telah membuat perasaan mereka lebih positif.

  •     Ajukan Pertanyaan Terbuka
Anda harus bisa membuat pertanyaan tentang minat mereka, yaitu pertanyaan yang akan membuat mereka berbicara tentang minat dan kehidupan mereka. Karena hal tersebut akan membantu mereka memperoleh perspektif baru tentang diri mereka sendiri dan tujuan hidup mereka.

  •     Penyesuaian Perasaan
Usahakan secepat mungkin anda bisa beradaptasi dengan bahasa tubuh dan perasaan mereka. Rasakan bagaimana perasaan mereka dengan mengamati bahasa tubuh dan naada suara.

  •     Menunjukkan Kekaguman
Katakan kepaada mereka bahwa anda mengagumi mereka,salah satu cara terbaik untuk berhubungan dengan orang adaalah dengan menjadi jujur dan memberitahu mereka mengapa anda menyukai atau mengagumi mereka.

  •     Perhatian Penuh
Berikan perhatian tentang semua yang mereka katakan. Jangan terlalu fokus pada apa yang akan anda katakan selanjutnya,apalagi kalau mereka masih berbicara.Karena hal ini bisa menunjukkan bahwa anda benar-benar mendengarkan mereka.

  •     Membuka Diri
Sikap terbuka adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan dari seseorang. Berceritalah tentang kejadian yang menarik dari hidup anda atau hanya sekedar menggambarkan contoh lucu dari kehidupan sehari-hari.
Ketika bercerita tentang diri pribadi ,pastikan untuk tidak menyebutkan hal-hal yang menyimpang terlalu jauh dari minat mereka atau bahkan berlebihan.Biarkan mereka mengetahui lebih jauh tentang anda seiring berjalanya waktu.

  •     Memberi Motivasi
Jika anda ingin memiliki hubungan yang sehat dengan orang tersebut,tentu saja anda tidak ingin tampak memiliki semuanya,sedangkan ia tidak. Yakinkanlah bahwa orang tersebut mampu dapat melampaui masalah dan keterbatasannya. Dengan demikian orang tersebut akan berharap menjadikan anda sebagai teman yang enak untuk diajak bicara.

  •     Memiliki Energi Tepat
Usahakan tampil dengan tingkat energi yang sedikit lebih tinggi dibanding orang lain. Umumnya ,orang ingin berada disekitar orang-orang yang akan mengangkat mereka,bukannya membawa mereka ke bawah.
Sehingga mereka akan lebih bersemangat dan lebih positif berada disekitar anda.Namun juga jangan terlalu energik karena bisa menyebabkan  mereka tampak sepertti tidak berdaya.

  •     Menciptakan Hubungan Selangkah Lebih Maju.

Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk memajukan persahabatan anda. Misalnya saja dengan tawaran untuk minum kopi,makan bersama mereka,melihat pertandingan olahraga,dsb. Dengan demikian, maka mereka akan memandang anda sebagai orang yang memiliki keberanian untuk membangun persahabatan.


  •     Tegas Dan Percaya Diri
Seseorang dikatakan tegas dan percaya diri apabila seseorang tersebut mampu menunjukkan cara pandangnya sendiri dengan baik. Namun orang tersebut juga harus mau menunjukkan kesediaannya untuk mendengar cara pandang orang lain.

  •     Gunakan Bahasa Tubuh Yang Baik
Sebenarnya bahasa tubuh itu mempengaruhi jalannya komunikasi hingga 55%. Setelah itu intonasi dapat mempengaruhi hingga 35% ,sementara 10% dipengaruhi kata-kata. Oleh karena itu,bahasa tubuh memegang peranan penting dalam berkomunikasi. Ketika anda berhadapan dengan lawan bicara,condongkan badan sedikit kedepan, anggukkan kepala anda saat mendengarkan lawan bicara anda. Jangan melipat tangan atau mengetuk-ngetuk meja atau dengan bolpoin seolah-olah anda ingin pembicaraan ini segera berakhir.

  •     Jangan Mencela
Mencela merupakan tindakan yang sangat fatal dalam menjalin sebuah hubungan. Memang pada akhirnya ia benar ,karena sudah belajar sebelumnya. Tetapi tindakan ini membuat ia dijauhi teman-temannya,karena dinilai sebagai pribadi yang suka cari sensasi,sombong dan berbagai pikiran negatif lain.

  •     Etika Berkomunikasi
Ada beberapa tindakan yang perlu dipertimbangkan dalam berkomunikasi seperti tidak mengucapkan kata-kata kasarr,mencaci,dsb. Dengan demikian ,maka tidak ada yang namanya perselisihan.

  •     Berusaha Memahami
Salah satu kebiasaan orang sukses adalah berusaha memahami orang lain terlebih dahulu. Baru setelah itu minta untuk dipahami. Hal itu bisa dilakukan dengan berfokus kepada lawan bicara. Ketika anda berbicara dengan seseorang,perhatian anda usahakan diarahkan kepada lawan bicara anda.

Oke itulah beberapa tips agar membangun komunikasi dan relasi dengan baik :-) semoga bermanfaat.
TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata-kata Bijak dalam Movie Rurouni Kenshin

Vitamin A(Aseroftol)

Makanan Untuk Kesehatan Ginjal