Ini Tips Mudah Mencegah Batu Ginjal


ASSALAMUALAIKUM

SehatShare Batu ginjal merupakan maslah kesehatan yang serius.Bila Ginjal terganggu atau terkena penyakit, maka tentu saja akibatnya tubuh otomatis lemah dan sakit. Karena tidak ada yang dapat menyaring zat-zat sisa dalam darah untuk kemudian dikeluarkaan dari dalam tubuh. Selain itu,akan mengakibatkan zat-zat sisa yang bersifat racun bagi tubuh,beredar dalam darah menuju organ-organ sistem peredaran darah terutama jantung,akibatnya tentu jantung juga akan terganggu.


Berikut ada beberapa tips untuk mencegah terjadinya penyakit batu ginjal dalam tubuh kita yang bisa Anda coba :

  • Banyak Minum Air Putih

Minum air putih dapat mencairkan zat-zat dalam urin sehingga menghambat terbentuknya batu ginjal. Minum lah air 2 liter atau sekitar 8 gelas dalam sehari. Selain itu, menyertakan air jeruk dalam daftar minuman juga baik karena kandungan sitrat dalam jeruk dapat menghambat kristalisasi zat.
  • Konsumsi Kalsium
Terlalu sedikit kalsium yang masuk dalam tubuh dapat meningkatkan kadar oksalat penyebab batu ginjal. Idealnya, konsumsi kalsium untuk dewasa di atas 25 tahun adalah 800 mg per hari, sedangkan setelah usia 50 konsumsi kalsium sebanyak 1000 mg per hari. Beberapa sumber kalsium adalah sayuran hijau, kacang kedelai, susu, jeruk dan tahu.
  • Kurangi Sodium
 Sodium dapat ditemui di banyak makanan dan minuman yang mengandung garam. Untuk terhindar dari penyakit batu ginjal, batasi konsumsi sodium maksimal 2.300 mg per hari. Mengurangi konsumsi sodium juga baik untuk tekanan darah dan jantung.


  • Batasi Protein Hewani
Makan protein terlalu banyak seperti daging merah, unggas, telur dan makanan laut dapat tingkatkan asam urat dan dapat menyebabkan batu ginjal. Mengonsumsi banyak protein juga mengurangi kadar sitrat, bahan kimia dalam urin yang membantu mencegah pembentukan batu.

Nah,itulah beberapa tips untuk mencegah batu ginjal yang saya baca dari liputan6.com
TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata-kata Bijak dalam Movie Rurouni Kenshin

Vitamin A(Aseroftol)

Makanan Untuk Kesehatan Ginjal