Menjadi Pribadi Kuat

ASSALAMUALAIKUM

Sobat .. Sebagai makhluk sosial, tentu kita selalu akan berhadapan dengan berbagai masalah. Entah itu masalah besar maupun masalah kecil,atau juga masalah sedang,hehe. Nah pastinya sebuah masalah tidak akan ada solusinya jika kita angkat tangan dan tidak mau berpikir secara sehat. Dibutuhkan kesiapan mental dalam menyikapi suatu permasalahan. Bila kita lemah, maka kita akan mudah terbenam dalam masalah. Berpikir jernih, dan selalu berusaha dalam menyikapi segala sesuatu secara positif adalah kunci untuk menghapus semua permasalahan. Jangan hanya berdiam diri terpenjara dengan masalah kita. Sebab pada dasarnya suatu masalah akan selalu ada hikmahnya.

Dibutuhkan kelapangan hati dan keimanan yang kuat dalam mencari solusi dari setiap permasalahan serta mengambil hikmah darinya. Ada beberapa cara untuk menjadi pribadi kuat dalam menghadapi segala persoalan hidup diantaranya seperti berikut :

  •     Melakukan Pengawasan Pikiran
Maksudnya di sini adalah berusaha mengetahui semua muatan apa saja yang masuk ke ruang pikiran. Berusaha mengetahui bagaimana pikiran bekerja. Berusaha menciptakan pikiran positif. Dan mengetahui bentuk-bentuk pikiran negatif dan menghilangkannya.

  •     Lakukan Segala Kegiatan dan Aktivitas Dengan Ikhlas
Bila kita hendak melakukan kegiatan,apapun kegiatannya maka awali dengan keihlasan. Ihlas berarti melakukan sesuatu tanpa pamrih. Kalau saja kita melakukan suatu kegiatan tidak ikhlas ,bersiaplah saja kecewa,penyakit stres akan menghampiri. Sekian persen energi kita akan terbuang percuma hanya untuk sebuah kekecewaan.Ikhlas menjadikan kita memiliki kepedulian sosial tinggi. Apalagi keikhlasan itu dibarengi dengan rasa sabar,maka keikhlasan tersebut akan membentuk pribadi tangguh,bijak,dan dewasa dalam bertindak.

  •     Menyikapi Kegagalan Secara Wajar
Kerapkali ketika harus menerima kegagalan seakan kita kehilangan energi untuk menghadapinya. Akibatnya ,kita sering putus asa,menyerah pada keadaan. Padahal kegagalanadalah hal biasa dalam hidup. Hal terpenting adalah setiap kali kita gagal, kita harus mengevaluasi diri dan berusaha bangkit dari kegagalan.

  •     Peduli Lingkungan
Kepedulian terhadap lingkungan akan memberikan manfaat besar bagi hidup kita. Misalnya, suka melakukan kegiatan sosial dan membantu teman(orang lain). Dengan demikian kita akan memperoleh dukungan besar dari masyarakat. Artinya lingkungan akan menjadi bersahabat dengan kita.

  •     Refreshing
Hidup ini akan selalu ada perubahan. Perubahan ini terkadang menyisakan persoalan-persoalan yang membutuhkan antisipasi diri. Keterbatasan kemampuan yang dimiliki manusia menyebabkan kita harus pandai menyiasati keadaan.Letih,lesu atau capek adalah potret diri yang menunjukkan keterbatasan dalam diri. Untuk itu, refreshing sangat membantu untuk mengembalikan kebugaran.

Sedikit cara menjadi pribadi kuat ini semoga bisa menambah manfaat dan terimakasih banyak atas kunjungan Anda.
TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata-kata Bijak dalam Movie Rurouni Kenshin

Vitamin A(Aseroftol)

Makanan Untuk Kesehatan Ginjal